Sabtu, 10 April 2010 - 22:46:50 WIB
Lima Penghancur Lemak
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 14912 kali

Sumber, buku : Cara Murah, Hidup sehat tanpa zat-zat kimia, hal : 132-136

Lemak masih dianggap sebagai masalah paling rawan yang menjadi penyebab munculnya berbagai gangguan kesehatan. Orang dengan kandungan lemak yang tinggi memiliki postur tubuh gemuk, mudah lelah, dan sesak nafas. Lemak yang terkandung di dalam tubuhnya pun sering menjadi sarang empuk bagi beberapa virus sebelum mereka menyerang dengan berbagai macam pola serangan serta akibat-akibat atau penyakit yang dapat ditimbulkan.

Untuk mengurangi lemak dalam tubuh yang mengancam kesehatan, kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, apalagi hanya untuk membeli obat-obat kimia yang menimbulkan efek samping berupa penyakit lainnya. Sebaiknya, lakukan olahraga teratur meskipun hanya sebentar. Setelah itu, dekatilah alam untuk menemukan lima sekawan bahan alami yang dapat menghancurkan lemak dalam rubuh. Kelima sekawan itu adalah sebagai berikut :

1. Teh hijau
Mungkin semua orang tidak asing lagi dengan teh hijau. Teh ini banyak dikonsumsi karena cita rasa dan aromanya yang harum dan segar. Akan tetapi, tidak banyak orang yang menyadari bahwa teh hijau memiliki khasiat tertentu bagi kesehatan dan salah satunya adalah penghancur lemak. Mungkin, banyak orang yang mengetahui khasiat teh ini, tetapi karena mereka belum paham dengan kandungan yang terdapat dalam teh, maka ia mengabaikan begitu saja. Dalam teh hijau dan jenis teh lainnya, terkandung polifenol. Khususnya teh hijau, polifenol lebih sering diistilahkan dengan katekin. Zat inilah yang berkhasiat sebagai anti peradangan, anti kanker, menurunkan penumpukan lemak dan kolesterol, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Selain itu, teh juga bisa meningkatkan system kekebalan tubuh, sehingga membantu orang mengalahkan atau menjinakkan berbagai efek infeksi.
Dari pemaparan tersebut dapat kita ketahui bahwa minum teh dapat mengurangi timbunan lemak dalam tubuh, menyehatkan jantung, dan mengurangi resiko kanker.

2. Jeruk nipis
Sampai saat ini, jeruk nipis menjadi konsumsi andalan yang sering digunakan oleh para ahli yoga atau yogi. Khasiat yang terkandung di dalam jeruk nipis ini sudah dikenal oleh tradisi pengobatan India kuno Ayurveda. Masyarakat India kuno mempercayai bahwa makanan pertama yang kita santap di pagi hari akan membantu mengatur suasana hati seseorang selama seharian. Kepercayaan itu dibuktikan oleh kebiasaan masyarakat kuno India yang mengonsumsi air putih hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis.
Dalam jeruk nipis, terkandung limonin yang berfungsi membantu sel dalam hati manusia agar memproduksi lebih sedikit senyawa apo B, sebuah senyawa yang berhubungan dengan kadar kolesterol. Segelas air hangat dan jeruk nipis mampu menstimulasi saluran pencernaan dan gerakan peristaltic dalam usus tubuh. Dalam waktu yang lama, setelah minum air hangat dengan perasan jeruk nipis, urusan buang air besar pun menjadi lancer. Racun-racun di saluran pencernaan terbuang dengan mudah. Jeruk nipis bagus untuk tubuh karena didalamnya kaya akan vitamin dan mineral. Salain itu, jeruk nipis tidak hanya menyehatkan kadar lemak dalam tubuh, tetapi juga mengurangi kelebihan garam saat mengolah makanan yang sangat tidak baik bagi ginjal. Di samping itu, jeruk mengeluarkan aroma masakan, sehingga menjadi lebih lezat dan sehat.

3. Bawang putih
Selama berabad-abad yang lalu, manusia mengkonsumsi bawang putih sebagai bumbu masakan dan obat. Dalam bawang putih, terdapat suatu kandungan yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, dan anti virus yang sangat berguna untuk mengobati luka gigitan hewan, nanah, luka, sakit kepala, jerawat dan pilek.
Beberapa kandungan yang terdapat di dalam bawang putih adalah :
Flavonoid, adalah senyawa yang memiliki anti oksidan dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pemuluh darah, mengatasi masalah kencantikan, serta menjaga kulit agar tetap terlihat awet.
Allicin, merupakan cairan minyak berbau khas yang berfungsi sebagai antibakteri karena kandungan sulfurnya yang aktif.
Kandungan antioksidan bawang putih yang kuat mampu menggempur lemak dan kolesterol serta mencegah kolesterol jahat (LDL) tidak teroksidasi. Dengan mengkonsumsi bawang putih, timbunan kolesterol yang menyumbat pembuluh arteri bisa dikurangi.

Akan tetapi, untuk pasien jantung atau penyakit berat lainnya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi bawang putih. Jangan mengkonsumsi lebih dari 3 atau 4 bawang mentah dalam sehari karena bisa membuat darah menjadi encer dan menyebabkan timbulnya penyakit lain yang tidak diinginkan.

4. Acar
Acar, sebagai paduan makanan, bahannya terdiri dari mentimun dan wortel. Acar memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut :
Mengandung bakteri baik yang menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang terdapat pada saluran pencernaan. Memiliki kandungan vitamin C dengan kadar anti oksidannya yang tinggi dan bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi agar menjadi lebih efektif bagi kesehatan. Zat besi yang terserap dengan baik dapat mengurangi timbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Perpaduan antara mentimun dan wortel dengan berbagai kandungan yang dimilikinya dapat melahirkan senyawa yang bersifat asam. Senyawa inilah yang dapat menurunkan naiknya kadar gula darah yang biasa terjadi setelah kita makan. Selain itu, senyawa yang bersifat asam yang terdapat dalam acar juga mencegah terjadinya pencernaan karbohidrat dalam perut.

5. Jus tiga buah
Ada tiga jenis jus buah-buahan yang bisa kita gunakan untuk mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Tiga buah tersebut adalah jeruk nipis, mentimun dan apel. Cara membuatnya pun tergolong mudah dan sederhana. Anda cukup menyediakan masing-masing satu buah jeruk nipis, mentimun dan apel. Cucilah ketiga buah tersebut dan potonglah seperlunya. Untuk jeruk nipis, buanglah bijinya lalu ambil sarinya dengan menggunakan juicer, kemudian hidangkan.

Dari beberapa uraian tersebut, anda dapat mengetahui bahwa untuk mengurangi timbunan lemak serta mewujudkan hidup sehat tanpa harus minum obat-obatan berbahan kimia, anda hanya perlu memahami beberapa bahan alami yang bermanfaat dalam menciptakan hidup yang sehat secara alami dan abadi.






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)