Selasa, 11 Juni 2013 - 22:46:50 WIB
Sekolah dari Kaca Mata Einstein
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 28158 kali

Berikut ini beberapa hal penting dalam memandang pendidikan/bersekolah dari kaca mata Pak Albert Einstein :

Kecenderungan murid terhadap profesi tertentu tidak boleh DIABAIKAN, terutama karena kecenderungan itu lazimnya menampakan diri pada usia dini, didorong oleh bakat pribadi, oleh teladan dari anggota-anggota keluarga dan oleh berbagai keadaan lain.

Sebagian besar guru membuang-buang waktu mereka dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tujuannya adalah untuk menemukan apa yang TIDAK diketahui seorang murid, sementara seni sejati mengajukan pertanyaan mempunyai maksud untuk mengungkapkan apa yang diketahui murid atau apa yang mampu diketahuinya.

Mempelajari fakta-fakta tidaklah begitu penting bagi seseorang. Untuk maksud tersebut, seseorang tidak membutuhkan perguruan tinggi. Dia dapat mempelajarinya dari buku-buku. Nilai pendidikan di perguruan tinggi yang liberal bukanlah dalam hal mempelajari banyak fakta melainkan dalam hal MENGASAH PIKIRAN untuk memikirkan sesuatu yang tak dapat dipelajari dari buku teks.

Jangan menganggap studimu sebagai beban tugas, tetapi sebagai KESEMPATAN yang patut DICEMBURUI, untuk belajar menyelami aliran keindahan yang membebaskan yang tersimpan dalam dunia penuh gelora demi kebahagiaan pribadimu sendiri dan demi keuntungan masyarakat di mana nanti engkau mengabdi.

Penghinaan dan penindasan MENTAL oleh guru-guru yang tak mau peduli dan mementingkan diri sendiri akan membawa kehancuran bagi benak kaum muda yang tak mungkin bisa diperbaiki dan sering menimbulkan pengaruh yang merugikan dalam kehidupannya.

Bagi saya hal yang paling buruk adalah bila terdapat sekolah yang dijalankan terutama dengan metode-metode rasa takut, paksaan, dan kewibawaan yang dibuat-buat. Perlakuan semacam itu menghancurkan perasaan sehat, ketulusan, dan keyakinan diri murid. Pola semacam itu HANYA menghasilkan orang yang penurut.

Tujuan pendidikan haruslah untuk melatih individu-individu yang mampu bertindak dan berpikir secara mandiri namun juga menjadi orang yang memandang pencapaian tertinggi dalam hidupnya adalah MELAYANI MASYARAKAT.

Sekolah harus selalu bertujuan agar anak (muda) yang meninggalkannya menjadi pribadi yang HARMONIS, bukan sebagai spesialis. Bila tidak, dia dengan pengetahuan spesialisasinya itu, lebih mirip seekor anjing yang terlatih ketimbang seorang manusia yang berkembang secara selaras.

Kebebasan mengajar dan kebebasan berpendapat dalam buku atau pers merupakan LANDASAN bagi perkembangan sehat dan alamiah setiap orang.

Pelumpuhan mental individu saya anggap sebagai kejahatan kapitalisme yang paling buruk. Seluruh system pendidikan kita menderita karena kejahatan ini. Sikap saling bersaing yang berlebihan ditanamkan ke setiap murid, yang dididik untuk menyembah kepada kesuksesan yang serakah sebagai persiapan bagi karier masa depan.

Mengajar seharusnya sedemikian rupa sehingga apa yang ditawarkan dianggap sebagai ANUGERAH yang berharga bukan sebagai tugas berat.

Dalam mengajar geografi dan sejarah, perlu dipupuk suatu PEMAHAMAN yang SIMPATIK terhadap karakteristik yang berbeda-beda pada bangsa-bangsa di dunia, terutama mereka yang biasanya kita gambarkan sebagai bangsa primitive.

Sumber : Einstein Juga Manusia, hal : 123-126






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)