Minggu, 07 Juli 2013 - 21:46:50 WIB
Menopause, Siapa Takut?
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 118047 kali

Kata menopause berasal dari dua kata Yunani yang berarti bulan, yang secara linguistic lebih tepat disebut menocease. Secara medis istilah menopause mengandung arti berhentinya masa menstruasi, bukan istirahat. Menopause merupakan suatu proses peralihan dari masa produktif menuju perlahan-lahan ke masa non-produktif yang disebabkan berkurangnya hormone estrogen dan progresteron.

Pada usia tahun ke atas, sekitar 80% wanita mulai tidak teratur siklus menstruasinya. Kenyataannya, hanya sekitar 10% wanita berhenti menstruasi sama sekali tanpa disertai ketidakteraturan siklus yang berkepanjangan sebelumnya. Suatu kajian yang melibatkan lebih dari 2.700 wanita, kebanyakan di antara mereka mengalami transisi pra-menopause yang berlangsung antara dua hingga delapan tahun.

Ada beberapa gejala fisik yang banyak dialami oleh wanita menopause. Takesihaeng (2000) mengungkapkan gejala fisik yang mungkin dialami saat mencapai masa menopause adalah pendarahan, rasa panas (hot flush) yang tiba-tiba menyerang bagian atas tubuh, keluar keringat yang berlebihan pada malam hari, sulit tidur (insomnia), iritasi pada kulit, gejala pada mulut dan gigi, kekeringan pada alat kelamin, kesulitan menahan buang air kecil, dan peningkatan berat badan.

Selain itu, gejala lain yang muncul menyertai menopause adalah gejala kecemasan, gejala motorik, gejala somatic, perubahan fisik yang lain (kulit, rambut, punggung, tulang, sakit kepala, bengkak, linu-linu), sembelit, dan gangguan psikis dan emosi.

Penurunan kadar estrogen, menyebabkan periode menstruasi yang tidak teratur, dan ini dapat dijadikan petunjuk terjadinya menopause. Ada tiga periode menopause yaitu :

1. Klimakterium, yaitu masa peralihan antara masa reproduksi dan masa senium. Biasanya periode ini disebut dengan pramenopause.

2. Menopause, adalah saat haid terakhir, dan bila sesudah menopause disebut pasca menopause.

3. Senium, adalah periode sesudah pasca menopause, yaitu ketika individu telah mampu menyesuaikan dengan kondisinya, sehingga tidak mengalami gangguan fisik.

Sumber : Buku Menopause




3 Komentar :

dosial.com
06 Februari 2018 - 14:46:18 WIB

Ꮃe're a gaggle of volunteers and opening a brand new scheme in our community.

Your site provided us with helpfuⅼ infoгmation to work on. You've done а formidable
task and our entіre neіghborhood will probably be thankful to you.
Margarito
25 November 2017 - 17:31:55 WIB

I needed to thank you for this excellent read!!
I definitely enjoyed every bit of it. I have you book marked to
check out new stuff you post…
Emanuel
25 November 2017 - 16:40:20 WIB

This is my first time go to see at here and i am genuinely impressed to read
all at one place.
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)