senin, 21 Juli 2013 - 21:46:50 WIB
Tasawuf In Action
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 81763 kali

Tindakan dan meditasi datang bersamaan dalam hidup saya. Saya terlahir di sebuah keluarga sufi. Saya memasuki tarekat, kelompok spiritual dari pergerakan sufi, ketika saya berusia delapan belas tahun, dan saya terinspirasi oleh pesan sufi serta bekerja untuknya seumur hidup saya.

Pada saat yang sama, saya menekuni karier sebagai seorang professor ekonomi, lalu sebagai Menteri Keuangan Belanda, dan kemudian dalam bidang kerja sama internasional sebagai Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF). Kombinasi dari kehidupan praktis dan mistik begitu mengilhami saya. Saya selalu merasakan diri saya dibimbing dalam pekerjaan saya dan merasakan arti yang mendalam dalam pekerjaan saya.

Saya berharap buku ini berarti bagi mereka yang aktif di dunia keuangan, bisnis dan pemerintahan, serta mereka yang mulai merasa bahwa ADA SESUATU YANG HILANG dalam kehidupan dan pekerjaan mereka, betapapun berhasilnya.

Mereka mungkin mulai tertekan dengan kesulitan dan kekecewaan, atau menemukan diri mereka kelelahan dengan keinginan yang terus-menerus, serta hal-hal yang memabukan dari kehidupan aktif mereka yang berat sebelah. Mencoba untuk memenuhi kebutuhan ini, sejumlah konferensi dan seminar digelar mengenai spiritualitas dalam menajemen serta tema-tema serupa.

Pada saat yang sama, saya juga berharap dapat menjelaskan bagaimana kita aktif di dunia materi sembari tetap setia dengan cita-cita agama atau spiritual kita dan menyesuaikan diri dengan Spirit Illahi. Dapatkah kita melangkah maju di jalan spiritual tanpa berpaling dari dunia?

Tasawuf universal menunjukkan bagaimana hal ini mungkin terjadi dalam kehidupan pribadi kita, dan bagaimana pekerjaan kita dapat menjadi lebih menguntungkan. Tasawuf ini juga mempengaruhi dunia. Seiring dengan kian banyaknya orang yang mulai bekerja dalam semangat ini, ekonomi pasar kapitalis secara bertahap akan mengalami spiritualisasi, sehingga banyak karakteristik yang tidak sehat dan tidak adil dari mesin pertumbuhan berkekuatan besar kapitalisme pasar akan diperhalus dan dihilangkan.

Tasawuf ini juga sangat penting bagi Negara berkembang, yang sering kali terperangkap antara nilai-nilai agama dan spiritual mereka dan dampak negative kapitalisme pasar. Konflik itu menjadi kian akut di Negara-negara Islam, yang memicu suatu reaksi fundamentalis yang ekstrim. Semoga perspektif positif yang ditawarkan buku ini dapat memberikan inspirasi kepada khyalayk pembaca di era yang penuh kekalutan dan kebingunan ini.

Sumber : Tasawuf in action, Witteveen, hal : 11-13






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)