kamis, 23 Juli 2013 - 21:46:50 WIB
Jamur sebagai Medical Food
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 12345 kali

Jamur merang (Volvariella volvaceae) memiliki kandungan antibiotic dan bermanfaat untuk pencegahan penyakit anemia, menurunkan darah tinggi dan pencegahan penyakit kanker. Eritadenin yang ada pada jamur merang berkhasiat sebagai penawar racun.

Jamur champignon (Agaricus bisporus) banyak dikembangkan di daerah subtropics dan dianggap juga sebagai sumber protein nabati. Jamur ini bermanfaat untuk mengurangi penyumbatan pembuluh darah koroner pada penderita penyakit hipertensi dan jantung akibat kolesterol. Selain itu, jamur ini dapat berguna sebagai bahan baku kosmetik dan untuk formula obat penghalus kulit.

Jamur tiram (Pleurotus spp.) mempunyai khasiat untuk kesehatan dan sebagai sumber protein nabati yang tidak mengandung kolesterol sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit darah tinggi dan jantung serta bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Kandungan asam folat pada jamur tiram sangat tinggi dan dapat menyembuhkan anemia serta obat anti tumor. Jamur tiram juga bermanfaat untuk mencegah dan menanggulangi kekurangan zat besi. Untuk terapi pengobatan sebaiknya tidak digoreng karena bisa menurunkan kadar vitamin dan zat-zat yang bermanfaat untuk penyembuhan penyakit.

Jamur kuping (Auricularia spp) bermanfaat sebagai penawar zat toksik dalam bahan makanan seperti logam berat, detergent atau residu pestisida (detoxifikasi). Ekstrak jamur kuping dapat menurunkan gula darah dan berkhasiat sebagai obat cacing dan obat sakit tenggorokan (sore throat).

Jamur Shiitake (Lentinus edodes) dalam bentuk ekstrak memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan tumor antara 72-92% dan menghambat pertumbuhan virus (anviral) dan secara khusus dapat menyembuhkan kanker usus. Sementara itu, spora jamur shiitake dapat meredakan efek serangan influenza, rheumatic dan leukemia.

Jamur Ling-zhi (Ganoderma lucidum) dalam bentuk esktrak dapat bermanfaat sebagai obat kuat pembangkit gairah libido (elixir of live) dan berkhasiat sebagai obat liver, paru-paru dan jantung. Sari jamur ini yang berisi kandungan polisakarida germanium organi, adenosine, dan triterpenoid berguna untuk membangun system kekebalan tubuh, mengurangi kadar gula dalam darah, memulihkan fungsi pancreas, membersihkan toksin dan membantu proses pertumbuhan dan pemulihan bagian tubuh yang luka atau rusak.

Jamur awan / menari (Maitake) memiliki kandungan polisakarida yang didalamnya terdapat senyawa aktif grifolan dapat meningkatkan aktivitas dalam mendukung kekebalan (immune stimulatory activity). Kandungan asam glutamate pada jamur ini diduga berperan dalam memperbaiki fungsi kekebalan tubuh (imunitas). Dalam bentuk ekstrak, jamur ini dapat menghambat pertumbuhan sarcoma-180 penyebab HIV dalam 35 hari sampai dengan 86% dan dapat menghambat pertumbuhan tumor dalam 10 hari. Selain itu, jamur ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan gula darah serta anti kolesterol.

Sumber : Aneka Jamur Unggulan, Tahir Pasaribu dkk., hal : 22-28






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)