Rabu, 06 Agustus 2013 - 21:46:50 WIB
Raih Laba Tersembunyi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 2173 kali

Kunci untuk menemukan dan meraih laba tersembunyi adalah dengan membuat perubahan-perubahan yang cerdas dalam kombinasi pemasaran anda untuk mengoptimalkan pengaruhnya. Kebanyakan perusahaan di pasar yang mapan dapat memperbaiki segmentasi pelanggan anda; memilih produk, layanan, dan paket yang mereka tawarkan; serta mengeluarkan uang untuk promosi.

Basis tradisional untuk melakukan segmentasi pelanggan adalah berapa banyak mereka membeli (volume) dan dimana mereka beroperasi (wilayah). Dalam banyak kasus, jalan pintas ini sudah kedaluwarsa karena para manajer saat ini memiliki jauh lebih banyak data dan tenaga analisis. Basis yang lebih menguntungkan untuk melakukan segmentasi pelanggan adalah berdasarkan preferensi, dan terutama, berdasarkan kesediaan mereka untuk membayar.

Begitu anda memiliki pemahaman yang jelas dan obyektif tentang preferensi dan kesediaan membayar mereka, anda dapat membuat keputusan-keputusan yang lebih baik tentang produk dan layanan untuk ditawarkan dan bagaimana memaketkan produk dan layanan tersebut. Dalam beberapa kasus, memisahkan produk dan layanan adalah strategi yang bijaksana karena kesediaan membayar yang tinggi memungkinkan anda memperoleh uang. Dalam kasus-kasus ini, riset konsumen dapat membantu anda memahami apa yang harus disertakan di dalam satu paket dan bagaimana menetapkan harga paket tersebut untuk mengoptimalkan laba anda.

Resiko terbesar dalam mengeluarkan uang untuk promosi adalah anda lebih membantu para pesaing anda ketimbang membantu diri anda sendiri. Pemilihan waktu dan focus sangat penting. Uang anda memberikan hasil maksimal jika anda dapat membidik satu segmen pelanggan khusus (dan jika mungkin, penyalur) untuk membeli produk anda, bukan meningkatkan kegiatan membeli di seluruh pasar itu.

Segmentasi, produk dan promosi yang tepat adalah penting. Namun harga merupakan komponen terpenting dalam kombinasi pemasaran. Kenaikan harga merupakan sumber laba yang sangat penting. Bentuk dan besaran kenaikan harga akan bergantung pada lokasi anda pada peta harga-nilai.

Sumber : Maximum Profit, Minimum Problem; Herman Simon; hal : 167-168






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)