Rabu, 07 Agustus 2013 - 21:46:50 WIB
Psiko-logika Marketing
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 2284 kali

Ada banyak orang yang dengan sukacita mau membayar lima dolar untuk secangkir kopi Starbucks, dengan senang hati membayar berates-ratus dolar untuk menginap di Ritz-Carlton Hotel, dan dengan loyal menghabiskan dua puluh lima ribu dolar untuk sebuah sepeda motor Harley-Davidson yang untuk memperolehnya mereka harus rela menunggu sekian lama! Dimana letaknya akal sehat? Kesetiaan dan rasa cinta pelanggan telah membuang jauh-jauh ilmu-ilmu ekonomi rasional.

Untuk mengetahui cara menarik kesetiaan dan rasa cinta pelanggan seperti itu bukanlah sebuah proses yang sederhana. Terdapat sebuah factor jelas yang melibatkan gabungan psiko-logika yang harus anda manfaatkan. Satu sisinya meliputi penggunaan warna, bentuk, bunyi, dan sentuhan elemen yang tepat ke dalam produk atau jasa anda. Dalam benak para pelanggan anda, hal-hal ini membentuk pola rumit yang akan mereka hubungkan dengan pilihan-pilihan dari hasil serapan mereka dan yang memancarkan daya tarik.

Sisi yang lain meliputi penyediaan komponen social yang tepat. Menyaksikan tim olahraga favorit anda sedang beraksi seorang diri di ruang duduk anda tidak akan pernah sama rasanya dengan berjuang untuk dapat tempat duduk di stadion meskipun di tempat yang termurah yang membeku pada musim dingin dengan makanan ringan dan sekaleng minuman di tangan.

Menumbuhkan kesetiaan pelanggan juga berhubungan dengan pemilihan waktu yang tepat. Dimensi-dimensi yang terdapat dalam pengalaman jasa yang menarik hati para pelanggan hari ini mungkin tidak akan memiliki daya pikat yang sama pada keesokan harinya. Ini bukan hanya disebabkan oleh sifat mudah berubah yang dimiliki oleh pelanggan. Namun, itu berarti bahwa pengalaman dan harapan yang dimiliki oleh para pelanggan, meskipun secara perlahan, akan selalu dalam keadaan bergerak karena selalu berada dalam proses pembentukan akibat dari pengalaman-pengalaman hidup mereka sehari-hari.

Demikian juga, kemampuan pelanggan untuk mengenali diri mereka sendiri selalu berubah, sesuai dengan yang sekarang ini tengah menyenangkan hari mereka. Grup music rock yang begitu anda gandrungi ketika anda berusia dua puluhan tidak akan sama menariknya bagi anda ketika anda telah berusia lima puluh tahun.

Satu dimensi lain yang juga membuat kesetiaan menjadi begitu tidak dapat diperkirakan sebelumnya, erat kaitannya dengan hal-hal di seputar konteks yang dihadapi. Pengalaman pelayanan jasa yang terlihat menyenangkan bagi seorang pelaku bisnis yang bertandang di sebuah hotel pada waktu libur, suatu waktu ketika hal-hal memanjakan diri lebih dapat diterima, mungkin akan dirasa hambar atau bahkan menjengkelkan bagi sang pelaku bisnis yang sama yang mengunjungi hotel yang sama, tapi untuk suatu keperluan pertemuan bisnis.

Perbedaan antara merk yang hebat dan yang biasa-biasa saja bukanlah bergantung pada berapa besar pembayaran yang mereka terima dari para pelanggannya, melainkan dari hak-hak istimewa yang dirasakan oleh para pelanggannya karena mereka berkesempatan memperoleh pengalaman-pengalaman yang bernilai.

Berikut ini tujuh rahasia dalam menciptakan pelanggan-pelanggan dengan kesetiaan yang luar biasa :

1. Membuat kepercayaan menjadi sebuah kata kerja
2. Pusatkan perhatian pada harapan, bukan pada kebutuhan pelanggan saja
3. Tambahkan charisma pada bauran pelayanan anda
4. Memuaskan rasa ingin tahu pelanggan
5. Beri pelanggan keajaiban yang tidak terduga
6. Berdayakan pelanggan melalui kenyamanan
7. Membuka karakter anda dengan menunjukan keberanian

Sumber : Magnetic Service, Chip & Bilijack R Bell, hal : 49-60






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)