Minggu, 11 Agustus 2013 - 21:46:50 WIB
The Synergy Trap
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 10934 kali

Dengan kegiatan akuisisi yang melibatkan trilyunan dolar, akuisisi sebagai alternative terus bergulir menjadi strategi pertumbuhan perusahaan favorit bagi eksekutif generasi masa kini. Sayangnya, penciptaan nilai pemegang saham masih tetap merupakan hasil yang paling sulit dicapai dalam strategi perusahaan ini. Setelah penelitian puluhan tahun dan milyaran dolar dibayarkan untuk upah jasa penasihat dan konsultan, mengapa keputusan-keputusan besar ini tetap saja menghancurkan nilai

Berlandaskan penelitian yang pertama kalinya disitir dalam Business Week, Mark L Sirower menjelaskan mengapa perusahaan sering membayar terlalu banyak dan tidak pernah mencapai janji-janjinya untuk meningkatkan kinerja dan daya saingnya dalam perburuan mereka untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain. Dengan berbagai bukti dan data akurat, Sirower menghancurkan anggapan umum bahwa premium akuisisi itu merepresentasikan nilai potensial. Ia memberikan definisi formal dan fungsional pertama untuk sinergi peningkatan yang spesifik dalam kinerja melebihi kinerja-kinerja yang sudah diperkirakan akan dicapai oleh perusahaan secara mandiri.

Kajian Sirower yang rinci dan inovatif tentang asas-asas di balik kinerja akuisisi itu telah mematahkan mitos yang ada mengenai akuisisi-akuisisi yang gagal, seperti kurangnya kecocokan strategis atau masalah kultur perusahaan, dan sekaligus memberikan alat-alat kepada para manajer untuk menghindari kerugian yang sudah lebih dulu dapat diprediksikan dalam keputusan-keputusan akuisisi.

Dengan menggunakan beberapa contoh mendetail tentang akuisisi-akuisisi besar yang baru saja terjadi dan melalui teknik-teknik integrasi dan ekstensi yang dikuasainya dari bidang strategi keuangan dan bisnis, Sirower menyingkapkan : judi bisnis yang unik yang dikandung dalam akuisisi, tantangan-tantangan manajerial yang terkandung dalam harga-harga saham sekarang, kondisi-kondisi kompetitif yang harus dipenuhi dan dasar-dasar organisasional yang harus ada untuk memungkinkan tercapainya sinergi, perbaikan kinerja yang diperlukan yang secara implicit terkandung dalam premium akuisisi dan alasannya mengapa ini secara normal mengerdilkan pencapaian kinerja, dan rayuan atau bahaya model-model valuasi yang begitu sering digunakan oleh para konsultan.

Fakta-fakta menunjukan adanya kecenderungan para manajer untuk terbenam dalam falsafah aji mumpung dalam akuisisi pada akhirnya sering mendatangkan bencana bagi para pemegang saham. Perusahaan-perusahaan harus dengan cermat sekali membuat perencanaan dan memperhitungkan ketidakpastian yang luar biasa sebelum memutuskan untuk terjun dalam permainan akuisisi.

Sumber : The Synergy Trap oleh Mark L Sirower






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)