Kamis, 15 Agustus 2013 - 21:46:50 WIB
Kenapa Franchise itu Mahal??
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 3599 kali

Setidaknya ada lima alasan yang menyebabkan harga bisnis franchise itu menjadi mahal :

1. Kualitas Nomor Satu

Jika kita bicara tentang bisnis franchise, maka kita akan selalu bicara tentang kualitas nomor wahid. Tidak ada franchisor yang mem-franchisekan usahanya tanpa menomorsatukan kualitas. Ambillah contoh peralatan atau perlengkapan kerja yang telah distandarisasi franchisor. Tidak mungkin franchisor memberikan kepada anda peralatan kerja yang mudah rusak pada tahun pertama bisnis tersebut berjalan.

Mengapa demikian? Sebab bisnis franchise itu masa perjanjiannya lima tahun. Jika alat kerja sudah rusak pada tahun pertamanya maka akan menyedot banyak biaya operasional yang ujung-ujungnya meningkatkan cost dan menurutkan nett-profit. Jika terjadi seperti ini, bagaimana mungkin bisnis franchise itu mencetak keuntungan yang bertumbuh sebagaimana disyaratkan undang-undang.

2. Bisnis Franchise berdasarkan HAKI

Bisnis franchise adalah bisnis yang dijalankan berdasarkan atas HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) milik franchishor. Penggunaan HAKI mewajibkan penggunanya membayar royalty. Itulah sebabnya selain biaya investasi awal, anda juga diwajibkan untuk membayar franchise fee dan royalty fee yang jumlahnya menurut orang awam mungkin terlalu banyak.

3. Supporting Management selama masa perjanjian Franchise berlaku

Bisnis franchise itu bukan jual beli bisnis, namun kerja sama bisnis jangka panjang dimana franchisee mendapatkan hak untuk penggunaan HAKI milik franchisor. Franchisor kemudian membantu franchisee menjalankan bisnisnya melalui sarana yang disebut sebagai supporting management selama masa perjanjian franchisee berlaku.

Supporting management ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit jumlahnya. Jika dibebankan kepada franchisee, tentu tidak akan sanggup. Oleh karena itulah, biasanya franchisor sudah memperhitungkan biaya supporting management sebagaisalah satu elemen biaya yang dibayarkan di muka pada saat perjanjian franchisee ditandatangani. Jika anda bersedia melakukan sedikit analisa, maka anda akan menemukan fakta bahwa biaya yang anda bayarkan itu sangat murah dibandingkan dengan hasil yang akan anda dapatkan kemudian.

Oleh karena itu, harga bisnis franchise itu tidaklah mahal jika anda mengetahui bahwa terdapat jaminan dari franchisor tentang adanya supporting management. Anda tinggal mencermati saja, apa bentuk supporting management itu, kapan diberikan, dan bagaimana hasil yang diharapkan.

4. Keuntungan bertumbuh yang dapat dibuktikan

Sebagaimana telah dipersyaratkan undang-undang, bisnis franchise itu harus selalu memiliki keuntungan yang bertumbuh. Sekali lagi, keuntungan yang bertumbuh. Inilah salah satu penyebab bisnis franchise itu harganya mahal, yakni karena bisnis tersebut terbukti ampuh memberikan keuntungan yang bertumbuh. Ini dapat dibuktikan dari laporang keuangan franchisor.

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan laporan keuangan yang dipublikasikan oleh franchisor. Franchisor yang berani mempublikasikan laporan keuangannya adalah franchisor yang betul-betul franchisor, bukan franchisor gadungan. Mereka taat pada peraturan undang-undang dan membuktikan kepada anda bahwa mereka layak dihargai.

5. Aset berupa sumber daya manusia yang terlatih dan profesional

Jika anda membeli bisnis franchise yang betul-betul bisnis franchise maka anda akan mendapatkan asset yang tidak ternilai harganya berupa sumber daya manusia (SDM) yang terlatih dan professional. Membentuk pasukan SDM itu tidak mudah, membutuhkan waktu, dan biaya yang tidak sedikit. Permisalannya sama dengan ketika sebuah Negara membangun pasukan tentara elit, proses yang dilalui tentu saja sangat panjang.

Jadi, masihkan anda menganggap mahal bisnis franchise jika franchisor memberikan kepada anda sepasukan SDM yang terlatih dan professional?

Sumber : Jurus Jitu Memilih Bisnis Franchise, Suryono Ekotama, hal : 122-127






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)