Senin, 23 Agustus 2013 - 22:46:50 WIB
Kriteria Perusahaan Bonafit
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 20344 kali

Robert Kaplan dan David Norton penulis trilogy The Balanced Scorecard, Strategy-focused Organization, dan Strategy Map mengatakan bahwa fungsi perusahaan kalau diperas ujung-ujungnya hanya dua saja, yaitu management dan measurement. Apapun bisnis dan industrinya, setiap organisasi mengelola (manage) aktivitas dan operasinya, dan kemudian mengukur (measure) berbagai aspek lingkungan bisnis dan kinerja operasinya untuk memonitor perjalanannya merealisasikan visi, misi dan tujuan organisasi.

Kalau kita tak mampu mengukur kinerja organisasi, maka dengan sendirinya kita tak akan bisa mengelolanya. If you canít measure it, you canít manage it. Karena itu, system yang harus dibangun oleh setiap organisasi ujung-ujungnya akan mencakup dua hal, yaitu management system dan measurement system.

Tujuh criteria untuk mengukur kinerja dalam MBCFPE (Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence) adalah :

Kriteria Pertama adalah Leadership. Untuk criteria ini, penilaiannya berdasarkan dua item yaitu organizational leadership dan social leadership. Organizational leadership bertujuan untuk menilai aspek-aspek utama dari kepemimpinan perusahaan serta governance system yang dijalankan, proses dalam melakukan review terhadap kinerja organisasi dan kepimpinan serta focus pada tindakan dari para pemimpin dalam menciptakan serta mempertahankan organisasi berkinerja tinggi.

Sedangkan social responsibility bertujuan untuk menilai bagaimana sebuah perusahaan memenuhi tanggung jawab sosialnya kepada public, memastikan bahwa perusahaan dan rekan bisnisnya melakukan praktek bisnis secara etis serta mendorong, mendukung dan melaksanakan praktek good citizenship.

Kedua adalah Strategic planning. Untuk criteria kedua ini, terdapat dua item yang dilibatkan dalam penilaian yaitu strategy development dan strategy deployment. Item strategy development bertujuan untuk menilai sejauh mana perusahaan menentukan strategic direction, mengembangkan tujuan strategis, mengembangkan kinerja perusahaan, daya saing dan keberhasilan di masa yang akan datang. Item ini lebih berorientasi pada proses pengembangan strategis yang menyeimbangkan antara kepentingan internal dan eksternal. Sedangkan item strategy deployment bertujuan untuk menilai bagaimana perusahaan dapat menerjemahkan tujuan strategisnya ke dalam rencana kerja yang nyata serta bagaimana implementasinya untuk mencapai tujuan tersebut.

Ketiga adalah Customer and market focus. Untuk criteria ketiga ini, terdapat dua item untuk penilaian yaitu customer and market knowledge dan customer relationship and satisfaction. Item pertama bertujuan untuk menilai proses-proses utama dalam perusahaan dalam memperoleh informasi dan pengetahuan tentang pelanggan dan pasar saat ini maupun yang akan datang. Jika item pertama lebih bersifat memahami keinginan, kebutuhan dan ekspektasi pelanggan, maka item kedua lebih bersifat bagaimana mengevaluasi proses-proses yang dilakukan perusahaan dalam membangun hubungan dengan pelanggan dengan tujuan untuk melakukan akuisisi dan retensi pelanggan serta mengembangkan pasar baru. Dengan kata lain, jika item pertama lebih menekankan pada get the customer, item kedua lebih pada keep and grow the customer.

Keempat adalah Measurement, analysis and Knowledge management. Criteria ini dinilai berdasarkan dua item yaitu measurement and analysis of organizational performance dan information and knowledge management. Item pertama bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan perusahaan dalam melakukan seleksi, mengelola dan memanfaatkan dan mengintegrasikan data dan informasi yang diperoleh dalam perencanaan dan peningkatan kinerja perusahaan. Item kedua bertujuan untuk menilai bagaimana perusahaan menjamin ketersediaan data yang berkualitas tinggi, tepat waktu dan berguna bagi semua pihak baik karyawan, supplier, partner ataupun pelanggan, terutama dalam memanfaatkan knowledge asset ini untuk menciptakan berbagai inovasi serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan.

Kelima adalah Human resource focus. Penilaian criteria ini didasarkan atas tiga item yaitu work system, employee learning and motivation, dan employee well-being and satisfaction. Item pertama bertujuan untuk menilai bagaimana system perusahaan dalam hal pembagian kerja, kompensasi, pengembangan karier, manajemen kinerja karyawan, motivasi, penghargaan, komunikasi dan perekrutan dengan tujuan untuk memungkinkan setiap karyawan memberikan kontribusi yang terbaik dan paling efektif. Item kedua bertujuan untuk mengevaluasi system pendidikan dan training untuk pengembangan pengetahuan dan keahlian SDM perusahaan. Selain itu, juga untuk mengevaluasi system organisasi dalam pengembangan karier dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan karyawan yang dapat menghasilkan kinerja tinggi. Item ketiga bertujuan untuk mengevaluasi lingkungan kerja perusahaan serta bagaimana perusahaan menghasilkan lingkungan kerja yang memuaskan bagi karyawan serta bagaimana karyawan dapat menghargai lingkungan kerja yang beragam.

Keenam adalah Process management. Criteria keenam ini dinilai berdasarkan dua item yaitu value creation process dan support process. Item pertama bertujuan untuk mengevaluasi proses bisnis untuk menghasilkan produk dan jasa yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan stakeholder serta proses yang meningkatkan kinerja operasional dan kinerja perusahaan di pasar. Sedangkan item kedua bertujuan untuk mengevaluasi proses-proses pendukung dalam perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Ketujuh adalah Business result. Criteria terakhir ini dinilai berdasarkan enam item. Item pertama adalah customer focused results. Penilaian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dari perspektif pelanggan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana perusahaan telah berhasil memuaskan pelanggan serta menciptakan pelanggan yang selalu melakukan pembelian ulang dan loyal kepada perusahaan.

Item yang kedua adalah product and service result yang bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana produk dan jasa yang dihasilkan dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Produk dan jasa yang dihasilkan tidak hanya dinilai dari segi kecanggihan dan tingkat inovasinya saja tapi yang jauh lebih penting adalah bagaimana produk dan jasa tersebut dapat memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

Item ketiga adalah financial and market result yang mengevaluasi kinerja keuangan dan kinerja perusahaan di pasar. Penggabungan antara kinerja keuangan dan pasar menunjukan bahwa setiap business landscape akan memunculkan berbagai peluang dan ancaman baru di pasar. Berbagai kebijakan yang diambil harus dapat mengantisipasi perubahan sehingga dapat menghasilkan kinerja yang bagus di pasar dan juga dalam hal keuangan.

Item keempat adalah human resource result yang bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana perusahaan telah berhasil menciptakan dan mengembangkan lingkungan kerja yang positif dan produktif bagi semua karyawan.

Item kelima adalah organizational effectiveness result yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional yang tidak tercakup dalam keempat item sebelumnya tetapi berhubungan dengan kinerja perusahaan yang efisien dan efektif dalam mendukung pencapaian sasaran organisasi.

Item keenam adalah governance and social responsibility result yang bertujuan untuk mengakomodasi kepentingan public sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah perusahaan sehingga penilaian terhadap kinerja perusahaan dipandang dari ruang lingkup tanggung jawab social seperti praktek bisnis yang etis dan peduli lingkungan.

Ketujuh criteria yang digunakan dalam MBCFPE menunjukan bagaimana penilaian yang dilakukan menggabungkan antara sisi internal dan eksternal serta melihat sejauh mana perusahaan tersebut dapat menciptakan hasil yang tidak hanya bagus pada satu masa tetapi juga menekankan pentingnya sustainability.

Sumber : On Becoming A Customer-Centric Company, Hermawan Kertajaya dkk., hal : 349-361






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)