Jumat, 04 September 2013 - 22:46:50 WIB
Menjinakan Uang Liar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 771 kali

Setiap rupiah mempunyai nilai beli yang sama

Istilah mental accounting dimaksudkan untuk menggambarkan bahwa orang-orang cenderung memperlakukan uang secara berbeda tergantung dari mana uang itu berasal, dimana uang itu disimpan atau bagaimana uang itu dibelanjakan.

Mental accounting bisa menjadi kebiasaan bermanfaat jika ia menyebabkan anda untuk memperlakukan tabungan bagi keperluan pendidikan atau pensiunan sebagai uang keramat. Tetapi mental accounting bisa menjadi berbahaya ketika ia mengakibatkan anda membelanjakan uang dari beberapa sumber, seperti hadiah, pemberian, bonus atau tax refund, secara lebih cepat dibanding jika anda mungkin mendapatkan uang dari sumber sebaliknya.

Sebaliknya, memperlakukan uang sebagai TERLALU keramat, misalnya warisan, atau bahkan tabungan jangka panjang untuk rumah, pendidikan atau pensiunan, bisa menyebabkan orang-orang memilih strategi investasi sangat konservatif yang menghindarkan naik dan turunya pasar saham tetapi membuat mereka terekspos pada kerugian akibat laju inflasi.

Apapun kasusnya, bagaimana anda menamakan dan memperlakukan mental accounting secara berbeda seringkali menjadi perbedaan antara tabungan sangat besar atau mengambil uang dari rekening bank hanya ketika anda benar-benar membutuhkan uang.

Itulah mengapa penting bagi anda untuk belajar memandang uang secara sama (gaji, hadiah, tabungan, bahkan uang hasil lottre). Satu cara untuk membantu proses ini adalah dengan memarkir uang TIBAN/TEMUAN atau rejeki nomplok pada tabungan atau rekening investasi sebelum anda memutuskan apa yang harus dilakukan dengan uang tiban itu. Semakin lama waktu yang anda butuhkan untuk menganggap uangnya sebagai tabungan (sulit didapatkan atau sebaliknya) semakin kecil kemungkinannya anda akan membelanjakannya terlalu sembrono atau terlalu impulsive.

Sebaliknya, pada tingkatan bahwa anda harus mempunyai uang MAD MONEY, maka anda mungkin mempertimbangkan untuk menaruh prosentase kecil tabungan anda, katakanlah 5%, dalam rekening khusus yang dirancang untuk spekulasi atau gambling atau plesir belanja atau foya-foya. Jika anda tidak bisa MENAKLUKAN uang liar maka JINAKANLAH ia.

Sumber : Mengapa Orang Cerdas Membuat Kesalahan Manajemen secara Fatal? Dan Bagaimana membenahinya?, Gary Belsky & Thomas Gilovich, hal : 210-211






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)