Jumat, 06 September 2013 - 22:46:50 WIB
Jihad, McWorld dan Demokrasi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 19268 kali

Beberapa pengamat mengeluh tentang ribuan manusia baru yang terpisah dari yang lain, yang lebih suka menyapa tetangga mereka dengan senjata dan peluru. Sedangkan pengamat lain, yang merupakan penggemar fanatic Disneyland, menggunakan basa-basi futurologist dan janji semu virtualitas, menyatakan bahwa Betapa dunia sangat sempit. Kedua golongan pengamat tadi sama-sama benar, tapi bagaimana bisa demikian?

Di tengah-tengah konfrontasi tajam antara bisnis global (McWorld) dan jihad, sudah semestinya muncul kearifan bangsa demokratis dan instrumen-instrumen yang mengijinkan rakyat mentransformasikan diri dalam bangsa-bangsa dengan kekuasaan yang berdaulat serta mengatasnamakan kebebasan dan kesejahteraan bersama.

Perjuangan antara jihad dan McWorld adalah sebuah perjuangan unuk mempertahankan demokrasi dan memperluas masyarakat sipil. Kita membutuhkan pasar untuk menggerakan produktivitas, kerja dan produk. Dan kita membutuhkan budaya dan agama untuk menjamin solidaritas, identitas dan ikatan social, serta sebuah pemahaman tentang jiwa manusia.

Tapi terutama, kita membutuhkan institusi demokratis yang mampu mempertahankan kebebasan kita walaupun dalam masyarakat parochial, dan mampu mempertahankan persamaan dan perbedaan kita dalam pasar kapitalis.

Dengan institusi sipil perantara berada pada tempat yang tepat dan demokrasi menjadi penjaga kedaulatan dunia plural kita, jihad bisa masuk dalam bentuk yang sehat dari perbedaan budaya dan identitas kelompok, sedangkan McWorld bisa menempati tempatnya sebagai mesin ekonomi dunia dimana ekonomi hanya salah satu dimensi pentingnya.

Dengan terkendalinya McWorld, komunitas-komunitas dengan ikatan darah dan semangat tidak perlu lagi berperang melawannya, dan dibalik homogennya taman-taman hiburan komersial, kita bisa menemukan kembali ruang-ruang bebas yang bisa ditempati untuk hidup bukan hanya sebagai konsumen tapi juga sebagai warga Negara.

Sumber : Jihad Vs McWorld, Globalisme dan Tribalisme Baru Dunia, Benjamin R. Barber, hal : 391-392






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)