Jumat, 06 September 2013 - 22:46:50 WIB
Alergi Dingin Vs Antihistamin
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 4654 kali

Salah bentuk alergi adalah alergi dingin. Ini terjadi karena kulit terangsang oleh rangsangan fisik. Rangsangan fisik dapat berupa mekanik, perubahan suhu, cahaya dan lain-lain.

Rangsangan mekanik biasanya berupa tekanan. Rasa gatal dapat timbul pada kulit yang mengalami tekanan seperti di sekitar ikat pinggang atau telapak kaki. Gejala biasanya timbul setelah sekitar dua jam mengalami tekanan. Pada beberapa pasien timbul kemerahan dan gatal jika dia meletakan tangan di atas meja atau lipatan kursi.

Gatal juga dapat terjadi akibat rangsangan udara dingin. Bentol yang timbul bisa muncul hanya di tempat yang terkena dingin saja, tetapi juga bisa di seluruh badan. Gejala terjadi karena suhu dingin merangsang pelepasan bahan kimia yang disebut histamine dari sel mast.

Jadi, zat histamine inilah yang menimbulkan bentol, kemerahan, dan rasa gatal. Bahkan, zat histamine juga dapat mempengaruhi pipa saluran nafas untuk menyempit yang menimbulkan sesak nafas atau menyebabkan pemuluh darah melebar sehingga timbul syok.

Obat untuk mengatasi keadaan ini adalah obat golongan antihistamin. Pada keadaa akut, selain antihistamin kadang-kadang juga diperlukan obat golongan steroid. Cara menghindari timbulnya gejala akibat alergi dingin adalah dengan menghindari kontak dengan udara atau air dingin. Cukup sering terjadi bahwa alergi dingin ini pada waktu yang lama dapat menghilang.

Untuk mengetahui apakah seseorang menderita alergi dingin, bisa dilakukan dengan menelusuri riwayat keluarga, pengalaman orang tersebut, dan pemeriksaan penunjang. Jika anda mempunyai orang tua yang juga punya riwayat alergi, memang resiko anda menderita alergi lebih besar. Begitu pula jika anda punya pengalaman alergi terhadap aspirin, maka resiko anda alergi terhadap zat lain seperti obat atau makanan lebih besar.

Tes yang dilakukan untuk mengetahui adanya alergi dingin adalah dengan menempelkan batu es di kulit dalam beberapa menit. Pada penderita alergi dingin akan timbul benjolan yang besar dan gatal. Namun, tes ini hendaknya dilakukan oleh dokter yang telah biasa melakukan tes alergi, karena ada juga yang mengalami reaksi alergi hebat dengan paparan dingin seperti ini.

Nah, mudah-mudahan anda terbebas dari alergi.

Sumber : Raih Kembali Kesehatan, Dr. Samsuridjal Djauzi, hal : 166-167






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)