Rabu, 11 September 2013 - 22:46:50 WIB
Great Product = Price Maker
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 1602 kali

Setiap orang pasti memiliki jawaban yang berbeda jika ditanya pendapatnya tentang great product. Ada yang berpendapat great product adalah produk yang memiliki teknologi paling superior, desain paling breakthrough dan futuristic, mesin paling hemat bahan bakar, penggunaan paling user-friendly, dan lain sebagainya.

Namun secara umum menurut kami ada tiga parameter yang wajib ada didalam setiap great product yaitu produk tersebut mencapai inovasi nilai (value-innovator), menjadi standar bagi produk lain (standard-setter) dan menjadi penentu harga di pasar (price maker).

Value innovation terwujud jika di satu sisi kita mampu menaikan customer benefit (baik functional maupun emotional benefit), namun disisi lain kita juga mampu menurunkan customer cost (baik price maupun other expense). Dalam persaingan yang super ketat dan pelanggan yang hyper-demanding telah memaksa semua pemain untuk terus menaikan benefits (menambah fitur) dan sekaligus menurunkan cost (menurunkan tarif). Value innovation akan membuat produk anda menjadi differentiation leader dan cost leader sekaligus.

Kedua adalah standard setter. Sebuah great product selalu menjadi acuan dan standar bagi produk lain di kategorinya. Ketika sebuah great product meluncur di pasar maka ia menciptakan rule of the game baru di kategorinya. Ia menciptakan aturan-aturan dan ukuran-ukuran baru untuk dipatuhi para pesaingnya. Karena menjadi standard setter, sebuah great product selalu mendefinisikan value dan karenanya menjadi acuan bagi konsumen dalam menetapkan pembelian.

Memang great product tak harus market leader, tapi bisa kami pastikan bahwa ia adalah though leader. Ia selalu diperbincangkan oleh pesaingnya bukan karena gossip hasil rekayasa, tapi karena betul-betul oleh extraordinary value yang diberikannya kepada pelanggan.

Dan akhirnya, karena great product adalah value innovator dan standard setter, maka ujung-ujungnya great product juga adalah price maker. Kalau sebuah produk mampu melakukan value innovation maka dengan sendirinya produk tersebut akan menjadi price maker. Maksudnya, harga produk tersebut tidak terbentuk melulu karena mekanisme pasar atau bertemunya permintaan dan penawaran. Harga dibentuk oleh extraordinary value yang diberikan produk sebagai hasil dari value innovation di atas. Great product selalu bisa menentukan harganya sendiri (price maker). Tak ada great product yang harganya dipermaikan oleh pasar.

Great idea leads to a great product. Ide yang inovatif, brilian, dan kreatif adalah awal kelahiran great product. Karena itu perusahaan yang sukses dan sustainable adalah perusahaan yang secara sistematis mencari, mengumpulkan, dan mengembangkan ide-ide yang menjadi bahan bakar penciptaan produk-produk barunya. Apple, Google, GE adalah value creating machine. Value creating machine hamper bisa dipastikan adalah idea-generating machine.

Kami mengidentifikasi setidaknya tiga factor berikut ini krusial bagi bertumbuh suburnya ide didalam organisasi anda. Pertama, oraganisasi anda harus memiliki mekanisme untuk menghasilkan fresh insight secara sistematis. Kedua, anda harus memiliki passionate teams yang tak pernah lelah berburu ide dan inovasi. Ketiga, anda harus menciptakan iklim (climate of cool garage) untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi di dalam organisasi.

Sumber : MarkPlus on Marketing, The Second Generation, hal : 76-83






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)