Jumat, 13 September 2013 - 22:46:50 WIB
Marketing Communication effects
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 228473 kali

Sandra Moriarty, Nancy Mitchell, dan William Wells mengembangkan model efek marketing communication yang disebut The Facets of Effects Model. Dalam modelnya ini, mereka menggambarkan efek marketing communication sebagai sesuatu yang terjadi secara simultan pada diri khalayak, yang meliputi enam aspek berikut :

1. Perception

Aspek perceptual dari khalayak, dimana khalayak menerima terpaan (melihat atau mendengar) pesan marketing communition yang disampaikan dan memberikan pemaknaan terhadap pesan tersebut.

2. Emotion

Aspek afektif atau emosional dari khayalak, saat khalayak merasakan emosi tertentu, seperti perasaan suka, semangat, gembira, dan lain sebagainya sebagai akibat pesan yang disampaikan. 3. Cognition

Aspek rasional dari khalayak, saat khalayakmempelajari, memahami, dan mengevaluasi (melalui proses berpikir) informasi yang diterimanya dari pesan marketing communication yang disampaikan.

4. Association

Aspek citra yang dimiliki khalayak terhadap merek, yaitu pengaitan yang dibuat khalayak atas merek dengan karakteristik atau kualitas-kualitas tertentu dari produk. Termasuk juga pengaitan dengan sesuatu yang tak terkait langsung dengan produk, seperti suasana penggunaan produk, karakteristik penggunaan produk, dan lain sebagainya.

5. Persuasion

Aspek sikap dan keyakinan dari khalayak, yaitu pembentukan atau perubahan sikap atau keyakinan tertentu dari khalayak mengenai merek sebagai efek dari pesan marketing communication yang disampaikan. Aspek ini mencakup juga loyalitas dan preferensi khalayak terhadap produk.

6. Behavior

Aspek tindakan aau perilaku khalayak, yang meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan khalayak atas produk sebagai efek dari pesan yang disampaikan. Tindakan yang dimaksud meliputi pula tindakan langsung atau direct action, seperti pembelian ataupun tidak langsung atau delayed action, seperti penyimpanan ingatan akan merek dalam memori untuk digunakan saat momen pembelian berlangsung.

Sumber : Integrated Marketing Communications, Ag Eka Wenats dkk., Hal : 64-65






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)