Kamis, 26 September 2013 - 22:46:50 WIB
Menang Dengan Smoking Gun
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 23424 kali

Dalam ranah hukum, istilah smoking gun mengacu pada bukti otentik yang membuat alwan anda mengalami kekalahan di persidangan. Dengan smoking gun ini, anda bisa menjadikan lawan anda sebagai pihak yang salah dan kalah.

Sama halnya dengan riset. Selalu ada smoking gun yang mampu memposisikan anda di atas para pesaing anda. Fakta bahwa karya seni dapat mempengaruhi proses penyembuhan, dan penjualan kalender meningkat drastic ketika kita menaruhnya di dekat kasir merupakan dua contoh smoking gun. Saya dapat menunjukan ratusan contoh smoking gun, dan saya dapat pastikan bahwa : selalu ada smoking gun. Selalu.

Saya memiliki klien yang menjual jasa pemotongan dan pemeliharaan rumput. Setiap tahun beberapa karyawannya mengundurkan diri dan memilih untuk bekerja secara pribadi untuk pelanggan klien saya tanpa melalui perusahaan klien saya. Tim riset saya menemukan ada kasus dimana Negara bagian New York melakukan gugatan terhadap seorang pemilik rumah yang mengharuskannya membayar kompensasi kepada pekerja yang terluka pada saat memotong rumput di halaman rumahnya.

Pergunakan data tersebut untuk klien anda yang beralih dari anda : Apa anda yakin pekerja pemotong rumput di rumah anda punya asuransi kecelakaan kerja? Karena apabila dia tidak punya dan dia mengalami kecelakaan di property anda, maka anda harus menanggung kompensasinya. Ini merupakan salah satu contoh dari smoking gun, sebuah fakta yang akan memaksa pelanggan untuk tidak menggunakan jasa pekerja perorangan yang tidak memiliki asuransi kecelakaan kerja.

Untuk mendapatkan data pasar yang terhebat dan untuk menemukan smoking gun, cara yang dapat dilakukan adalah dengan melihat situasi pasar setiap saat. Lakukan riset pasar di industry anda setiap saat. Carilah apa yang dapat bernilai bagi konsumen anda. Alokasikan sebagian waktu anda untuk melakukannya setiap minggu sampai akhirnya anda merasa yakin bahwa anda telah menemukan smoking gun.

Saya juga mempunyai klien yang menawarkan terapi alternative kesehatan. Sebuah riset memperlihatkan bahwa pasien menghabiskan $460 milyar untuk pengobatan alternative. Jumlah yang sangat besar. Sepuluh tahun sebelumnya, nilainya hanya $46 milyar. Artinya telah terjadi peningkatan 10 kali lipat dalam kurun waktu 10 tahun. Faktanya, saat ini tercatat 350 juga kunjungan ke dokter setiap tahunnya. Di pihak lain, tercatat 420 juga kunjungan ke ahli pengobatan alternative. Selisihnya mencapai 70 juta. Ini adalah trend, dan entah mengapa, trend ini terabaikan. Mengetahui trend semacam ini merupakan kelebihan tersendiri yang dapat digunakan untuk mengalahkan para pesaing anda (smoking gun), memudahkan anda mendekati pelanggan, dan memberikan sesuatu yang lebih kepada pelanggan anda.

Salah satu strategi terbaik yang dapat anda lakukan untuk perusahaan anda adalah menemukan data pasar yang dapat membuat produk atau jasa perusahaan anda bernilai lebih. Saya tidak peduli apakah anda menjual krim cukur atau jasa kurir, selalu ada data pasar yang akan membuat produk atau jasa tersebut lebih bernilai. Lihat data setiap saat. Niscaya hasilnya akan luar biasa.

Apabila anda ingin membangun mesin penjualan tangguh, anda perlu berpikir dan melakukan perencanaan seperti seorang ahli strategi dan mengimplementasikannya seperti layaknya seorang ahli taktik yang brilian.

Sumber : Sell Anything, Chet Holmes, hal : 130-132






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)