Kamis, 17 Oktober 2013 - 22:46:50 WIB
Elevator Pitch
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 17830 kali

Elevator pitch memiliki konsep yang sederhana. Jika anda berada di dalam sebuah lift bersama seseorang yang ingin anda ajak berbicara, anda memiliki 30 detik untuk menciptakan kesan baik dan mendalam. Elevator pitch dirancang untuk merebut minat dan perhatian lawan bicara. Anda akan mendapatkan atau kehilangan mereka dalam rentang waktu tersebut.

Bila anda bertemu seseorang untuk pertama kali, tentu anda akan menghabiskan waktu beberapa menit berbasabasi atau melontarkan beberapa pertanyaan, sebuah pemanasan. Akhirnya akan muncul dengan sendirinya peluang untuk berbicara tentang diri anda sebagai pribadi atau professional. Inilah saat anda menyampaikan elevator pitch anda. Ingat apa yang dikatakan Gordon Gecko kepada Bud Fox dalam film Wall Street? Hidup begitu singkat! Saat kesempatan datang, anda harus siap.

Pembicaraan seperti ini digunakan dalam banyak keadaan : dalam pembicaraan telpon dengan kontak dan rujukan, bertemu orang di binatu, berjumpa seseorang di bus atau dalam jamuan makan siang, pesta pernikahan, konferensi, pameran dagang, atau pesta makan malam, atau benar-benar dalam setiap pertemuan social atau bisnis. Isi pembicaraan anda bisa beragam tergantung tempat dan keadaan.

Anda perlu memastikan pembicaraan anda terfokus, tidak meluas. Gunakan informasi tentang anda yang telah diolah dalam analisis diri dan hal yang menurut anda merupakan pokok penting yang ingin anda utarakan. Dasar-dasar pembicaraan yang efektif mencakup :

1. Secara jelas mengungkapkan siapa anda dan apa yang anda ingin orang lain ketahui tentang anda

2. Apa yang membedakan anda atau perusahaan anda

3. Memiliki tujuan yaitu apa yang anda ingin capai selama percakapan ini

Sumber : Super Networking for Sales Professionals, Michael Salmon, Penerbit BIP, hal : 14-15






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)