Kamis, 17 Oktober 2013 - 22:46:50 WIB
Musuh Terbesar Revolusi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 1439 kali

Barangkali, kalau kita ringkaskan tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh Wikipedia, tidak ada yang lebih baik dari bahwa MUSUH TERBESAR REVOLUSI ADALAH KEBERHASILANNYA. Wikipedia telah mengawali sesuatu yang baru dan belum pernah ada, dan dalam kegiatan terbaik dasawarsa ini ia telah menjadi pemimpin dalam menunjukan bahwa penghimpunan pengetahuan melalui kolaborasi tidak hanya layak dikerjakan, tetapi juga sangat diminati.

Kebijakannya untuk bersikap netral, digabungkan dengan pasukan relawan yang datang dari seluruh dunia, telah menjadikan Wikipedia tidak hanya tiruan ensiklopedia yang sudah ada, tetapi juga ensiklopedia yang menjadikan pencatatan sejarah manusia sebuah aksi revolusioner yang kolaboratif.

Bagaimanapun, ada kenyataan yang tak dapat dihindari bahwa kelompok dan organisasi lain akan belajar dari eksperimen Wikipedia, meniru prestasinya dan memecahkan masalah-masalahnya. Tindakan Britanica pada awal 2008 untuk mempercepat proses penyuntingan mereka dan untuk menerima kontribusi pengguna menunjukan bahwa mereka tidak berpangku tangan. Mereka mengumumkan melalui blog mereka niat untuk mengembangkan partisipasi lebih besar baik oleh contributor ahli kami maupun para pembaca. Kedua kelompok ini akan diajak untuk memainkan peran lebih besar dalam mengembangkan, memperbaiki, dan mempertahankan informasi yang kami terbitkan di web atas nama Encyclopaedia Britannica.

Wikipedia menghadapi dua kemungkinan : bisa tetap berpuas diri dengan yang telah berhasil dicapai, atau berusaha menemukan cara-cara inovatif agar tetap berada di paling depan di antara proyek-proyek internet yang kolaboratif.

Pilihan pertama jelas resep untuk stagnasi. Masalahnya, yang membuat kita penasaran, masih cukupkah kreativitas yang tersisa untuk mengambil pilihan lain dan apakah komunitas sebesar Wikipedia sekarang mampu mengelola tugas tersebut???

Sumber : Kisah Sukses Wikipedia, Andrew Lih, Penerbit Gramedia, Hal : 280-281






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)