Sabtu, 26 Oktober 2013 - 22:46:50 WIB
Kebahagiaan Finansial
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 5308 kali

Sepuluh hal untuk kebahagiaan financial

Pertama, anda harus CUKUP teratur. Orang-orang yang berkata bahwa mereka cukup terorganisasi dan dapat menemukan apa yang mereka perlukan dengan cepat, lebih bahagia daripada mereka yang tidak dan mereka yang tidak bisa. Mengapa begitu? Karena mereka tidak menghindari kemajuan dengan kehilangan hal-hal yang membuat frustasi, kehilangan barang, kehilangan waktu karena mencari barang-barang itu. Mereka tidak terpaku dengan tugas-tugas administrasi yang membosankan. Mereka bisa focus pada hal-hal yang baik.

Kedua, anda harus membayar tagihan saat tagihan itu datang. Orang-orang yang membayar tagihan begitu tagihan itu datang cenderung lebih bahagia. Mengapa? Karena membayar selusin tagihan pada saat bersamaan adalah pekerjaan yang benar-benar membosankan. Hal itu memakan waktu. Apalagi, melihat sejumlah uang melayang dari tangan anda bisa menjadi suatu kehilangan emosi. Namun melakukannya sedikit demi sedikit akan jauh tidak membebani anda dalam hal waktu dan keuangan. Jadikanlah itu mudah bagi diri anda sendiri.

Ketiga, anda harus menyimpan nota pengeluaran anda. Kalau anda merasa uang menguap dari dompet anda dan anda tidak tahu ke mana perginya, anda kemungkinan besar menjadi tidak bahagia. Bagaimana mengatasinya? Biasakan menyimpan nota pengeluaran, atur pengeluaran sesuai batas yang anda tentukan sendiri, lacak semua transaksi dll., hal ini akan membantu anda tetap focus pada kemana perginya semua uang anda.

Keempat, anda harus menabung setidaknya 5 persen dari penghasilan rumah tangga anda. Orang-orang yang berusaha menabung lebih bahagia. Berjalanlah pelan-pelan. Naikan kontribusi tabungan anda menjadi 6 persen, lalu 7 , lalu 8, sampai anda mencapai tingkat yang memungkinkan anda menyisihkan cukup banyak uang untuk membiayai masa depan anda.

Kelima, anda harus melindungi keluarga anda dan diri anda sendiri dari kesulitan keuangan di masa depan. Hal merupakan bagian penting dari kebahagiaan financial anda. Mengapa? Begitu anda mengumpulkan dana darurat, menulis surat wasiat, dan membeli asuransi jiwa, anda tidak lagi perlu khawatir setiap kali pergi dengan pesawat terbang. Begitu anda mengambil langkah pencegahan ini, anda memindahkan gelombang kekhawatiran anda.

Keenam, anda harus meminimalkan utang kartu kredit. Yang menarik, memiliki total utang yang sangat rendah (termasuk hipotek, kredit mobil, kredit ekuitas mobil, dan sebagainya) tidak membuat kita lebih bahagia. Namun, utang kartu kredit adalah hewan yang sangat berbeda. Jangan sampai keteteran, biar anda dapat menjadi lebih bahagia secara financial, dan karenanya menjadi bahagia secara keseluruhan.

Ketujuh, anda harus melakukan sesuatu bagi orang lain. Sekedar melakukan sesuatu bagi orang lain seperti dengan menjadi tenaga sukarela atau menyumbang uang atau bahkan memberikan barang-barang, memiliki kemampuan menambah kebahagiaan pribadi anda.

Kedelapan, anda harus peka dalam membelanjakan uang. Membelanjakan tidak lebih dari yang benar-benar bisa anda belanjakan atas apapun adalah hal penting untuk kebahagiaan financial anda.

Kesembilan, anda harus mulai berusaha mencapai sasaran anda. Menggapai kebahagiaan bukanlah tentang mencapai sasaran anda, tetapi tentang membuat kemajuan menuju sasaran anda. Kalau anda setidaknya setengah jalan menuju sasaran anda, anda telah mencapai kebahagiaan lebih besar daripada kalau anda hanya berputar-putar menuju sasaran anda, atau lebih buruknya, kalau anda sama sekali belum menetapkan sasaran. Kenikmatan menjalani proses, lebih besar daripada kenikmatan memetik hasilnya.

Kesepuluh, anda harus berkomunikasi. Terus-terusan bertengkar dengan pasangan anda tentang uang adalah noktah atas kebahagiaan. Bagaimana menghindarinya? Komunikasikan dan libatkan masing-masing pihak dalam keputusan berbelanja anda dan keputusan membuat utang anda. Hormati kesepakatannya. Kalau anda bisa mengkomunikasikan masalah-masalah keuangan ini sehingga tidak menjadi masalah gawat, anda kemungkinan akan hidup dengan lebih bahagia secara financial.

Kesepuluh perintah di atas berorientasi pada perilaku. Sebuah tambahan untuk nasib baik : Anda harus berusaha tidak terpengaruh oleh hasrat ingin lebih. Ini membutuhkan sikap penegasan. Poin ini meminta anda berfokus pada menikmati hidup seperti yang sudah mampu anda capai. Ingatkan diri anda bahwa menginginkan lebih tidak memberikan kepuasan, tetapi memberikan lebih banyak beban keinginan.

Sumber : You donít have to be rich, Jean Chatzky, Penerbit Gramedia, hal : 274-281






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)