Selasa, 15 April 2014 - 00:00:13 WIB
Tipe-tipe Investor
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 23112 kali

Beberapa tahun lalu, Geoff Smart, seorang psikolog bergelar Ph.D., yang ketika itu mengajar di Claremont Graduate University, melakukan sebuah proyek penelitian yang sangat menarik. Ia mempelajari 51 pemodal ventura, yakni kelompok orang yang berani melakukan investasi berjuta-juta dolar di perusahaan-perusahaan baru berdiri.

Smart mengidentifikasi enam cara berbeda ketika para pemodal ventura ini memutuskan apakah mereka telah menemukan orang (pengusaha) yang mampu melaksanakan sebuah gagasan bagus menjadi kenyataan, yang bersedia bekerja tak kenal waktu, yang mampu membangun tim, yang mampu mengatasi tekanan dan kemunduran, dan tetap bertahap pada proyek tersebut sampai bertahun-tahun tanpa menjadi gila.

Sesungguhnya ini terkait dengan pola pikir. Smart menyebut salah satu tipe investor itu Art Critics (Kritikus Seni). Jenis ini adalah mereka yang bisa menilai para pengusaha hampir dalam seketika, seperti ketika seorang kritikus seni menilai mutu sebuah lukisan, menggunakan naluri dan berdasarkan pengalaman yang panjang.

Tipe lain adalah Sponges (Spons), yaitu investor yang meluangkan waktu lebih banyak untuk mengumpulkan informasi tentang target-target mereka, mengambil apa saja yang bisa mereka dapatkan dari wawancara, kunjungan, rujukan, dan sebagainya. Setelah itu barulah mereka menggunakan naluri untuk membuat keputusan.

Tipe ketiga adalah Prosecutor (Penuntut), yakni investor yang menginterogasi pengusaha secara agresif, menguji mereka dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang seputar pengetahuan mereka dan bagaimana cara mereka mengatasi situasi-situasi yang tidak dapat diramalkan.

Tipe keempat Suitor (Penggugat), lebih fokus pada upaya merayu orang alih-alih mengevaluasi mereka. Tipe kelima Terminator memandang seluruh upaya ditakdirkan untuk gagal dan melewatkan tahap evaluasi. Mereka langsung membeli pengusaha yang menurut mereka memiliki gagasan paling baik, memecat pengusaha yang menurut mereka tidak kompeten, dan segera mencari penggati mereka.

Selanjutnya ada investor yang oleh Smart disebut Airline Captain (Kapten Pesawat Terbang). Jenis ini adalah mereka yang memilih pendekatan yang metodis, berdasarkan checklist untuk menjalankan pekerjaan mereka. Setelah mempelajari kesalahan-kesalahan di masa lalu dan pelajaran-pelajaran dari orang lain dalam bidang yang sama, mereka merancang pemeriksaan yang formal untuk proses mereka. Mereka memaksakan diri bersikap disiplin dan tidak melewatkan titik periksa manapun, bahkan ketika mereka menemukan seseorang yang secara naluri mereka “kenal” sebagai calon yang sejati.

Tipe investor manakah menurut anda yang mungkin akan lebih sukses?

Sumber : Pentingnya Sebuah Checklist, Penulis Atul Gawande, Penerbit PT Gramedia, Hal : 215-218




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)