Selasa, 15 April 2014 - 00:00:13 WIB
Economic Rent Merusak Lingkungan???
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 57300 kali

Maksimum social net benefit tidak dihasilkan dari memaksimumkan economic rent, melainkan gabungan dari economic rent, environtmental rent & social rent . Environtmental rent adalah rent yang timbul karena setiap bidang lahan mempunyai fungsi ekologis. Jika penggunaan suatu lahan mengganggu fungsi ekologis, maka akan terjadi biaya sosial yang ditanggung oleh orang lain.

Misalnya, salah satu persyaratan tata kota yang baik adalah suplai air, karena itu intensitas penutupan vegetasi lahan di daerah resapan air harus tinggi untuk meningkatkan penyerapan air, karena jika faktor-faktor lain tetap, maka resapan air tergantung pada intensitas penutupan vegetasi.

Dalam kehidupan nyata, ricardian rent, locational rent & environtmental rent seringkali ditemukan tidak berkorelasi secara positif serta sering menghadapi trade off seperti antara kepentingan lingkungan dengan kepentingan ekonomi. Oleh karena itu, dalam penyusunan persediaan dan peruntukan lahan perlu disusun dan direncanakan dengan melihat keseimbangan antara tiga rent tersebut.

Perencanaan yang optimum adalah perencanaan yang dapat mengoptimalkan ketiga jenis rent tersebut. Tanpa perencanaan, sulit dicapai optimalisasi ketiga rent tersebut, hal ini karena distribusi lahan melalui mekanisme pasar umumnya tidak menghargai environtmental rent.

Dalam sistem pasar, keputusan memanfaatkan ruang kecenderungannya lebih mempertimbangkan ricardian rent & locational rent sebagai mana disebut economic land rent atau land rent. Karena land rent merupakan dinamisator dari perubahan penggunaan lahan, sehingga jika land rent tidak memperhitungkan environtmental rent, maka perkembangan economic rent cenderung ke arah merusak lingkungan.

Sumber : Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, Ernan Rustiadi dkk., Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia, hal : 110-111






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)