Rabu, 23 April 2014 - 00:00:13 WIB
Bootstrap untuk Responsive Web
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 51973 kali

Saat ini, pengaksesan internet melalui SMARTPHONE dan TABLET meningkat tajam, bahkan di beberapa negara seperti China dan Korea mengalahkan akses internet melalui Personal Computer dan Laptop. Ini tantangan bagi pengembang websites agar dapat membuat website tampil dengan baik dan cantik pada berbagai ukuran layar, baik PC maupun Mobile Phone. Solusi terbaik untuk mengatasi hal itu adalah melalui pengembangan Responsive Web.

Adapun framework paling populer untuk pengembangan responsive web adalah BOOTSTRAP (Twitter Bootstrap). Bootstrap merupakan framework ataupun tools untuk membuat aplikasi ataupun situs web responsive secara cepat, mudah dan gratis. Dengan bootstrap, anda bisa membuat responsive web dalam waktu singkat, tanpa perlu pusing kepala dengan segala macam teknik CSS3, HTML5 ataupun JavaScript untuk merespon ukuran layar dari mobile service.

Bootstrap terdiri dari CSS dan HTML untuk menghasilkan grid, layout, typograp, table, form, navigation dan lain-lain. Di dalam bootstrap juga sudah terdapat jQuery plugins untuk menghasilkan komponen UI yang cantik seperti transitions, modal, dropdown,, Scrollspy, tooltip, tab, popover, alert, button, carousel dan lain-lain.

Menurut sejarah, bootstrap diciptakan oleh dua orang programmer di Twitter, yaitu Mark Otto dan Jacob Thornton pada tahun 2011. Sejak diluncurkan pada bulan Agustus 2011, Bootstrap telah berevolusi dari sebuah proyek yang hanya berbasis CSS menjadi sebuah tool ataupun framework yang lebih lengkap dan juga berisi JavaScript Plugin, icon, form dan button.

Pada Januari 2012, Bootstrap merelease versi 2.0 yang didalamnya sudah memasukkan fitur responsive layout. Sejak itu, popularitas Bootstrap tak tertahankan lagi dan sampai sekarang, Bootstrap merupakan project GitHub yang paling banyak dilihat lebih dari lima puluh empat ribu user dan juga paling banyak di-copy (forked) yakni sekitar delapan belas ribu kali.

Sumber : Responsive Web Design dengan PHP & Bootstrap, Husein Alatas, Penerbit Lokomedia, hal : 2-sampul.






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)