Rabu, 23 April 2014 - 00:00:13 WIB
Arsitektur Aplikasi Android
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 10940 kali

Google mengibaratkan Android sebagai sebuah tumpukan software. Setiap lapisan dari tumpukan ini menghimpun beberapa program yang mendukung fungsi-fungsi spesifik dari sistem operasi. Berikut ini susunan dari lapisan/layer tersebut jika dilihat dari lapisan dasar hingga lapisan teratas.

Linux kernel

Tumpukan layer paling bawah pada arsitektur Android ini adalah kernel. Google menggunakan kernel Linux versi 2.6 untuk membangun system Android, yang mencakup memory management, security setting, power management, dan beberapa driver hardware.

Kernel berperan sebagai layer abstraksi antara hardware dan keseluruhan software. Sebagai contoh, HTC GI dilengkapi dengan kamera. Kernel Android terdaspat driver kamera yang memungkinkan penggunakan mengirimkan perintah ke hardware kamera.

Android Runtime dan Libraries

Lapisan seteleh Kernel Linux adalah Android Runtime dan Libraries. Android Runtime ini berisi Core Libraries dan Dalvik Virtual Machine. Core Libraries mencakup serangkaian ini library java, artinya Android menyertakan satu set libraries dasar yang menyediakan sebagian besar fungsi-fungsi yang ada pada libraries dasar bahasa pemrograman Java.

Dalvik adalah Java Virtual Machine yang memberikan kekuatan pada system Android Dalvik VM ini dioptimalkan untuk telepon seluler. Dalvik VM menggunakan kernel Linux untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti threading dan low-level memory management.

Libraries

Bertempat di level yang sama dengan Android Runtime adalah Libraries ini. Android menyertakan satu set libraries dalam bahasa C++/C yang digunakan oleh berbagai komponen yang ada pada system Android. Kemampuan ini dapat diakses oleh programmer melewati Android Application Framework. Sebagai contoh Android mendukung pemutaran format audio, video, dan gambar.

Application Framework

Lapisan selanjutnya adalah Application Framework yang mencakup program untuk mengatur fungsi-fungsi dasar smartphone. AF ini merupakan serangkaian tool dasar seperti alokasi resource smartphone, aplikasi telepon, pergantian antar proses atau program, dan pelacakan lokasi fisik telepon. Para pengembang aplikasi memiliki aplikasi penuh kepada tools dasar tersebut, dan memanfaatkannya untuk menciptakan aplikasi yang lebih kompleks. Mekanisme yang sama memungkinkan pengguna mengganti komponen-komponen yang dikehendaki.

Didalam semua aplikasi terdapat servis dan system yang meliputi : satu set Views, Content Providers, Resource Manager, Notification Manager dan Activity manager.

Application

Di lapisan teratas bercokol aplikasi itu sendiri. Di lapisan inilah anda menemukan fungsi-fungsi dasar smartphone seperti menelpon dan mengirim pesan singkat, menjalankan web browser, mengakses daftar kontak, dan lain-lain. Bagi rata-rata pengguna, lapisan inilah yang paling sering mereka akses. Mereka mengakses fungsi-fungsi dasar tersebut melalui user interface.

Sumber : Kolaborasi Dahsyat Android dengan PHP & MYSQL, Akhmad Darma K, Lokomedia, Hal : 7-9






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)