Selasa, 07 Mei 2014 - 00:00:13 WIB
Media Bertanggung Jawab
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 19562 kali

Kode etik jurnalistik secara umum mengatur dua hal, yaitu produk jurnalistik dan perilaku jurnalistik. Produk jurnalistik mencakup berita dalam berbagai bentuknya, antara lain surat pembaca, tajuk rencana, artikel opini, analisis pakar, resensi buku, dan resensi karya dalam bentuk lain. Perlu diperhatikan, iklan tidak termasuk bagian dari produk jurnalistik. Jika muncul persoalan atau sengketa terkait dengan produk jurnalistik, pihak medialah yang bertanggung jawab, diwakili penanggung jawab redaksi.

Perilaku jurnalistik mencakup sikap dan tindakan wartawan ketika menjalankan kerja jurnalistik, ketika berhubungan dengan sumber atau subyek berita. Apakah wartawan telah bersikap professional kepada mereka? Apakah wartawan telah memperlakukan mereka dengan layak? Dengan kata lain, yang berpotensi melanggar kode etik jurnalistik bukan hanya produk jurnalistik, bukan hanya berita, namun juga perilaku, sikap atau tindakan wartawan ketika menjalankan tugas jurnalistik. Misalnya wartawan melanggar privasi, mengumpat sumber berita, melakukan tindakan yang mengarah pada ancaman atau pemerasan terhadap subyek berita dan lain-lain.

Pertanyaannnya, jika ada yang salah pada perilaku jurnalistik wartawan, siapa yang bertanggung jawab? Perusahaan media tempat wartawan bekerja harus bertanggung jawab. Bagaimanapun, wartawan melakukan liputan atas permintaan atau penugasan dari perusahaan medianya. Di lapangan, wartawan merupakan representasi medianya. Jadi jika terjadi apa-apa dengan perilaku wartawan itu ketika berhadapan dengan sumber atau subyek berita berita, medianya harus bertanggung jawab. Tetapi wartawan itu sendiri sebagai manusia dewasa dan memilih profesi jurnalistik dengan kesadaran, juga harus bertanggung jawab atas perilakunya ketika menjalankan profesi tersebut. Wartawan harus mempertanggung jawabkan perilakunya kepada perusahaan media, asosiasi wartawan, dewan pers dan masyarakat.

Sumber : 50 Tanya Jawab tentang Pers; Agus Sudibyo; Kepustakaan Populer Gramedia; hal : 3-4






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)