Selasa, 07 Mei 2014 - 00:00:13 WIB
Nose of News
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 4204 kali

Dua hal penting yang dimiliki sebelum kita, anda atau siapa pun yang ingin terjun ke dunia jurnalistik adalah curiosity dan skeptic. Curiosity adalah keingintahuan yang tinggi terhadap segala hal, fakta maupun peristiwa. Sedangkan skeptic adalah sikap ragu atas fakta maupun peristiwa yang terjadi. Ragu disini bukanlah sifat buruk atau negative, melainkan sikap dimana anda tidak percaya begitu saja atas terjadinya suatu fakta atau peristiwa.

Keingintahuan yang tinggi dibarengi keraguan yang mendalam ditambah satu elemen penting lainnya, yakni, nose of news atau penciuman yang tajam akan bahwa fakta dan peristiwa tertentu adalah sebuah berita, akan membawa anda ke dalam satu pembuktian yang lahir dari dalam diri anda sendiri.

Nose of news atau penciuman berita bukanlah kemampuan yang berasal dari bakat, melainkan kemampuan yang bisa diasah setiap hari. Ini semacam kemampuan membedakan mana fakta atau peristiwa itu layak disebut sebagai berita atau tidak.

Selain harus memiliki enam elemen penting (who, what, where, when, why, how) plus dua tambahan so what dan news that we can use, fakta atau peristiwa itu layak disebut berita jika fakta atau peristiwa itu juga memiliki nilai-nilai berita (news value), nilai-nilai standar kandungan sebuah berita seperti magnitude, proximity, prominency, actuality, novelty, important, interesting, dan conclict.

Ketika seseorang berkhidmat pada kegiatan journalism, ada sejumlah konsekuensi yang menyertainya. Dengan journalism, anda harus punya code of conducts dari manajemen perusahaan dan code of ethics dari organisasi professional dimana anda bekerja. Anda harus melakukan cover both side yang dalam jurnalisme modern berkembang menjadi cover multiside. Anda juga harus akrab dengan apa yang disebut news value tadi.

Sumber : Citizen Jurnalism; Pepih Nugraha; Kompas; hal : 81-88-146






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)