Selasa, 26 Agustus 2014 - 14:00:13 WIB
Bertanya Pada Larry King
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 7470 kali

Bertanya pada Larry King

Seorang narasumber yang sempurna di mata anda yang seperti apa?

Kualitas seorang nara sumber tidak ada hubungannya dengan profesi yang ia geluti. Seorang tukang ledeng misalnya. Ia bisa saja menjadi narasumber yang baik. Sementara, mungkin saja seorang negarawan merupakan seorang narasumber yang buruk. Yang dibutuhkan adalah seorang yang dapat menjelaskan apa yang ia lakukan dengan baik, memiliki ketertarikan yang tinggi akan hal yang dibicarakan, memiliki selera humor yang baik, dan mendapat respon dengan cepat. Jika seseorang memiliki keempat kelebihan itu, pemirsa tidak akan memindahkan saluran televise.

Siapa orang paling luar biasa yang pernah anda wawancarai?

Nelson Mandela sudah pasti merupakan tokoh yang luar biasa pada abad kedua puluh. Saya pergi ke Afrika Selatan untuk bertemu dengannya. Saya masih terpukau hingga sekarang betapa ia mengundang sipir penjaranya untuk menghadiri penobatannya. Andai orang lain berada di situasi serupa, pecahlah perang. Sungguh hebat jika kita dapat memaafkan. Sungguh perbuatan luar biasa.

Bagaimana rasanya mewawancarai seorang yang genius?

Saya mewawancarai seorang pria Jerman yang memenangkan Hadia Nobel dalam bidang kimia. Ia mendapatkannya karena penemuannya tentang reproduksi.
Saya berkata,'Apakah misteri kehidupan?'
'Saya jelaskan apa misterinya. Saya dapat menuliskan sebuah buku dengan tebal seratus halaman per orang di dunia ini. Di dalamnya, saya dapat menuliskan tentang kromosom, gen, rambut, dan golongan darah mereka.'
Ia membawa sebuah toples kecil dan menunjukkannya. Kemudian ia melanjutkan,'Namun, semua sperma yang menciptkan seisi dunia ini tidak mungkin dapat memenuhi toples ini.'
Jadi, ada yang kita ketahui. Dan, ada pula yang tidak kita ketahui.

Siapa yang tidak anda sukai?

Ini bukan masalah siapa yang tidak saya sukai. Ini lebih kepada apa yang tidak saya sukai. Fanatisme, saya tidak suka. Kemunafikan, saya tidak suka.
Saya bukannya tidak menyukai Elieot Spietzer. Saya kesal karena Spitzer mengenakan prosedur hokum atas pelacur sementara ia sendiri masih mempergunakan jasa mereka. Kemunafikannya yang membuat saya kesal.
Saya marah kepada anggota kongres Republik yang ingin melarang beredarnya barang-barang yang berbau homoseksual, sementara ia sendiri seorang homoseksual. Bagaimana ia dapat menyampaikan pidato yang meyakinkan untuk menentang sekelompok orang padahal ia sendiri menjadi bagian kelompok itu?

Sumber : Larry King, Master Mic, Ufuk Press : 360-367






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)