Rabu, 27 Agustus 2014 - 10:00:13 WIB
Arcview GIS nan Luwes
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 6605 kali

Hingga saat ini peta masih sangat diperlukan oleh berbagai pihak. Sebuah peta mampu menjelaskan berbagai hal secara spasial maupun keterkaitan antar fenomenanya di lapangan. Melalui peta dapat dihasilkan suatu gambaran mengenai kondisi dan kualitas lingkungan. Melalui peta pula suatu keputusan dapat diambil. Dengan adanya berbagai kelebihan dari sebuah, perhatian terhadap teknik peta semakin meningkat. Teknologi komputasi yang berkembang pesat sangat membantu teknik perpetaan ini. Proses analisis pun dapat dilakukan lebih cepat dan akurat.

Arcview GIS adalah salah satu di antara sekian banyak perangkat lunak yang digunakan dalam GIS (system informasi geografis). Arcview GIS memiliki kemampuan yang tinggi dalam pembuatan peta digital hingga analisis spasial.

Arcview GIS dapat digunakan untuk membuat vector peta digital (regristasi raster peta dasar, digitasi feature dll), teknik analisis spasial, buffer, query, scoring dan overlay, pengolahan 3 dimensi, analisis theme, serta dasar-dasar system informasi spasial.

Arcview memiliki keluwesan yang demikian hebat. Hal ini disebabkan oleh adanya dukungan dari skrip Avenue. Melalui Avenue ini dapat dibentuk suatu kemampuan baru pada Arcview. Tentu saja hal ini membuat Arcview menjadi sangat luwes untuk diterapkan pada berbagai permasalahan spasial. Avenue dapat digunakan untuk merombak wajah Arcview sesuai kebutuhan penggunanya.

Avenue adalah sebuah script atau bahasa pemrograman berorientasi objek. Dengan avenue ini dapat dibentuk sebuah interface baru pada Arcview, otomasi pekerjaan-pekerjaan yang bersifat berulang repetitive, ataupun membuat sebuah alur analisis spasial khusus yang belum terdapat pada Arcview tersebut. Avenue banyak digunakan untuk membentuk sebuah system informasi aplikatif pada suatu lembaga atau instansi dengan berbasis Arcview GIS.

Sumber : Sistem Informasi Geografis dengan Arcview GIS; Eko Budiyanto; Penerbit Andi : Pengantar-177-sampul belakang.






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)