Sabtu, 18 Oktober 2014 - 10:00:13 WIB
Laporan Nirlaba
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 19642 kali

Laporan keuangan organisasi nirlaba meliputi laporan posisi keuangan (neraca), laporan aktivitas dan laporan arus kas. Laporan yang otomatis dihasilkan dari catatan keuangan adalah laporan aktivitas dan laporan arus kas.

Harta sebuah organisasi merupakan kekayaan yang dimiliki sebuah organisasi. Harta atau kekayaan ini dapat berupa kas (uang tunai maupun uang yang disimpan di bank), piutang, persediaan, aktiva tetap (tanah, gedung, kendaraan, komputer, perabot dsb). Aktiva tetap adalah harta berwujud yang dapat dimanfaatkan lebih dari satu tahun.

Sementara itu, aset netto merupakan aset (harta) sebuah organisasi nirlaba setelah dikurangi dengan utang (kewajiban). Aset netto dalam organisasi nirlaba dibedakan menjadi aset netto tidak terikat, aset netto terikat temporer (contoh hibah dana penelitian, sumbangan untuk pembelian aktiva tetap, dsb) dan aset netto terikat permanen (contoh sumbangan tanah untuk membangunan gedung, sumbangan dana abadi, dsb).

Laporan keuangan organisasi nirlaba, pertama, laporan aktivitas. Laporan aktivitas ini sebenarnya sama seperti laporan rugi-laba di perusahaan bisnis. Laporan aktivitas ini menyajikan perubahan aset netto dari periode ke periode, berapa banyak sumbangan yang diterima periode ini, berapa besar beban manajemen dan umum yang dikeluarkan dalam periode ini dan lain sebagainya. Laporan aktivitas dibagi menjadi tiga bagian yaitu, 1) bagian yang menyajikan perubahan atas aset netto tidak terikat. 2) bagian yang menyajikan aset netto terikat temporer, dan 3) bagian yang menyajikan aset netto terikat permanen.

Pada bagian aset netto tidak terikat, akan disajikan pendapatan dan beban. Pada subbagian pendapatan, sumbangan mesti disajikan terpisah dari pendapatan lain. Dalam pelaporan beban mesti dipisahkan antara beban pelaksanaan program, beban untuk manajemen dan umum, beban untuk penggalangan dana, serta beban untuk pengembangan anggota.

Kedua, laporan arus kas. Laporan arus kas menyajikan kas masuk dan kas keluar dalam suatu masa periode. Kas masuk dan kas keluar ini dikelompokan menjadi kas dari aktivitas operasi, kas dari aktivitas pendanaan dan kas dari aktivitas investasi.

Sumber : Gampang menyusun laporan keuangan organisasi nirlaba, Lilis Setiawati, ElexMediaKomputindo, hal : 26-31






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)