Kamis, 20 November 2014 - 10:00:13 WIB
Teknik Sport Massage
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 3022 kali

Ada beberapa cara massage. Masing-masing mempunyai efek dan penggunaan sendiri-sendiri. Macam-macam teknik manipulasi dalam massage adalah : 1) shaking, yaitu dengan menggoyang-goyangkan bagian tubuh yang dimanipulasi dengan satu atau dua tangan secara berirama dari sisi ke sisi lain, dari atas ke bawah, atau dengan gerakan ke dalam dan keluar. Manipulasi ini biasanya dikerjakan untuk daerah dada, perut atau panggul dan anggota badan. Shaking memberikan efek stimulasi dan desakan ke dalam, terutama jika manipulasi tersebut dikerjakan pada organ-organ yang letaknya dalam. 2) Stroking, adalah suatu manipulasi yang dikerjakan dengan seluruh permukaan tangan untuk daerah yang luas atau dengan ujung-ujung jari atau ibu jari untuk daerah yang sempit. Stroking memberikan efek menenangkan syaraf-syaraf cutaneous yang dapat menghilangkan atau mengurangi rasa sakit dan kekejangan otot, dapat menyebabkan tidur dan dapat mengurangi atau menghilangkan pembengkakan akibat dari suatu cidera.

3) Petrissage, adalah manipulasi yang dilakukan dengan memegang jaringan sebanyak-banyaknya dengan menggunakan seluruh tangan atau menggunakan ibu jari dan jari-jari, ditekankan tegak lurus pada jaringan di bawahnya, atau jaringan diangkat dari susunan di bawahnya dengan tanpa dilepaskan dan dilakukan penekanan, dan dikerjakan dengan gerakan tekan–kendor atau angkat-tekan. Petrissage memberikan efek terhadap peredaran darah baik secara mekanis, refles maupun chemis. 4) Friction, terdiri dari gerakan penekanan yang kecil dan dalam, terutama digunakan untuk menimbulkan efek setempat pada penebalan di dalam jaringan otot dan perlekatan di sekeliling tendon atau ligament. Friction memberikan efek membantu melonggarkan, melunakan atau mengulur penebalan jaringan fibrous atau perlekatan akibat dari cidera.

5) Tapotement atau percussion, terdiri dari serangkaian tamparan atau pukulan yang lunak pada tubuh. Tapotement memberikan efek menimbulkan stimulai secara reflex. 6) Vibration, adalah suatu teknik massage yang dilakukan dengan cara menggetarkan bagian yang dimanipulasi, yang gerakannya hamper menyerupai shaking yang halus. Vibration memberikan efek seperti pada shaking, tetapi dapat juga memberikan efek penenangan. 7) Effleurage, adalah teknik manipulasi yang dilakukan dengan menggunakan seluruh permukaan telapak tangan, dengan permukaan ibu jari atau ujung-ujung jari. Effleurage memberikan efek untuk melancarkan aliran darah di dalam vena, melancarkan aliran cairan lymphe, mengurangi rasa sakit, kekakuan atau kekejangan otot dan dapat juga mengendorkan otot serta efek stimulasi.

Sumber : Sport Massage, Slamet Riyadi dkk., Yuma Pustaka, hal : 49-88






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)