Kamis, 20 November 2014 - 10:00:13 WIB
Non-traditional Media
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 5026 kali

Media support disebut juga media alternative, media yang tidak dapat diukur, dan merupakan non-traditional media. Meski tidak sepopuler media advertising namun kehadirannya banyak membantu strategi promosi yang dijalankan. Media support antara lain:

1) Out of Home Media, yang termasuk dalam kategori ini adalah outdoor advertising, in-store media, dan additional out of home media.
Outdoor advertising termasuk bagian dari pervasive communication. Outdoor promotion ini tidak saja digunakan untuk memperkenalkan produk, tetapi juga digunakan untuk menginformasikan sebuah kegiatan seperti pentas music, pertandingan atau kompetisi olahraga.
Additional out of home media adalah bentuk lain dari outdoor advertising. Beberapa bentuk dari additional out of home media adalah aerial advertising (balon udara yang besar) dan mobile billboard (kendaraan yang digunakan untuk menempatkan promo sebuah produk, nama perusahaan atau brand.
Sementara itu, in-store media diantaranya spanduk, banner, display, signage dll, yang dapat ditemukan di supermarket atau mall.
Sedangkan, transit advertising merupakan media yang dapat diekspos melalui kendaraan umum dan penempatannya di lokasi umum seperti terminal, stasiun, bandara atau pelabuhan. Beberapa bentuk dari transit advertising ini adalah out side poster (dapat dilihat pada taksi, trolly, bus dll.), inside cards (biasanya diletakkan pada posisi bagian belakang tempat duduk yang berjejer seperti di bis dll.) dan station platform, terminal poster, floor display, island showcase, electronic sign (neonbox) dll., biasanya dijumpai pada jalur pejalan kaki di terminal, bandara dll.

2) Promotional product marketing atau special advertising, adalah media promosi yang diwujudkan dalam bentuk printing, dan dapat dijadikan dekorasi dari suatu interior. Contohnya plakat, kenang-kenangan, souvenir dalam bentuk gelas atau asbak dll.

3) Yellow page, pengembangan yellow page dalam bentuk direktori dapat dilihat melalui sejumlah bentuk barunya seperti specialized directories (pada majalah, buku khusus), audio text directories (melalui tv kabel), media interactive (CD interactive) dan internet directories.

4) Advertising in movie theater, pemasangannya adalah pada saat movie theater menampilkan sejumlah film yang diyakini mampu menyerap jumlah penonton besar (box office). Media support lainnya adalah open bar theater (layar tancap).

Sumber : Strategic Marketing Communication, Rd. Soemanagara, Penerbit Alfabeta, hal : 29-33 spasi




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)