Sabtu, 16 November 2013 - 22:46:50 WIB
Matriks, Penting dan Mendesak
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 139322 kali

Ketika berkarya di Dana Moneter Internasional, saya (Mohamed Elerian) beruntung karena mendapat kesempatan untuk bekerja bersama David Coleman, seorang instruktur manajemen. Administration Department, mempekerjakan David untuk membantu institusi itu mengelola SDM dengan lebih baik.

Sudah 15 tahun sejak bekerja sama dengan David Coleman sebagai instruktur manajemen, tetapi saya masih ingat banyak alat bantu yang ia sampaikan kepada saya pada pertemuan mingguan kami. Salah satu favorit saya adalah nilai penting dari tidak pernah melupakan URGENSI dan nilai penting dari berinteraksi.

David menjelaskan hal itu melalui sebuah matriks sederhana tetapi berpengaruh kuat. Satu sumbu merepresentasikan URGENSI tugas itu; dan sumbu yang lain merepresentasikan NILAI PENTING dari tugas itu. Matriks itu memiliki empat kombinasi :

1. Mendesak dan penting
2. Mendesak dan tidak penting
3. Tidak mendesak dan penting
4. Tidak mendesak dan tidak penting

David menekankan bahwa sebagian besar orang cukup bisa mengenali apa-apa yang PENTING dan MENDESAK, dan mereka bereaksi sesuai dengan itu. Mereka juga cenderung dapat mengenali dan menghindari hal-hal yang TIDAK PENTING dan TIDAK MENDESAK. Dua kombinasi lainnyalah yang membedakan kesuksesan dari performa rata-rata atau sedang-sedang saja.

Manajer yang sukses tidak pernah lupa akan hal-hal yang PENTING dan TIDAK MENDESAK. Tugas-tugas itu sangat penting jika berkaitan dengan upaya memposisikan diri guna meraih keunggulan yang berkelanjutan di masa mendatang.

Yang lain terlalu asyik dengan tugas MENDESAK dan TIDAK PENTING. Sebagian dari mereka akhirnya menghabiskan banyak waktu, tetapi hanya memiliki pengaruh penting yang kecil dalam kesuksesan jangka panjang dari sebuah kerja keras.

Sumber : When Markets Collide, Mohamed Elerian, Penerbit BIP, hal : 293-294






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)